Proses Masuknya Timor Leste menjadi anggota Asean

PROSES MASUKNYA TIMOR LESTE MENJADI ANGGOTA ASEAN

Image 

 

Nama                   : Isilda Libeira Guterres

Nim            : 10.03.01.0231

Semester     : III/B

M.Kuliah   : Pengantar Komunikasi Internasional

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.   Latar belakang

            ASEAN (Association Of South East Asia Nations) merupakan organisasi internasional yang perhimpunan bangsa – bangsa  asia tengara  yang dapat membicarakan tentang kepentingan dan masalah – masalah  dalam suatu negara tersebut maka  Asean didirikan pada tanggal 8 agustus 1967 yang mendirikan asosiasi melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok  oleh lima negara sepeti: indonesia,malaysia,Thailand,filipina dan singapura dan dapat prakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara seperti: perwakilan Indonesia: adam malik,perwakilan Malaysia:tun abdul razak Perwakilan Thailand : Thanat Koman Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos dan Perwakilan Singapura : S. Rajaratnam.

 Deklarasi Bangkok  dapat mengisi hal – hal yang penting seperti  sebagai berikut:

  • Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara
  • Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional
  • Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi
  • Memelihara kerjasama yang erat di tengah – tengah organisasi regional dan internasional yang ada
  • Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

Dari beberapa hal tersebut asean juga memiliki prinsip – prinsip utama utama seperti:

  • Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara
  • Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar
  • Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota
  • Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai
  • Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan

            Negara – negara yang menjadi anggota asean seperti : kamboja,laos,Myanmar, Thailand, vietname,brunei,Filipina,Indonesia, malaysia dan singapura.oleh karena itu,negara – negara tersebut  dapat bekerja sama dalam hubungan diplomatic antara satu sama lain.

  1. B.   Pengertian organisasi asean dalam bentuk diplomatic

          Dalam organisasi ASEAN mempunyai hubungan kerja sama dan memberi kesempatan kepada negara – negara yang menjaling hubungan kerja sama yang berbentuk;bilateral,trilateral dan multilateraldenganadanyadiplomasi. Sebagai instrumen penting dalam diplomasi maka kerjasama teknik mempercepat pencapaian sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah mengenai pemantapan politik luar negeri dan peningkatan kerjasama internasional yang terdiri dari :

a). semakin meningkatnya peranan negara dalam hubungan internasional dan dalam menciptakan perdamaian dunia,

b). pulihnya citra negara dan kepercayaan masyarakat internasional,

c). mendorong terciptanya tatanan dan kerjasama ekonomi regional dan internasional yang lebih baik dalam mendukung pembangunan nasional dan

 d). memelihara kebersamaan melalui kerjasama internasional, bilateral dan multilateral maupun kerjasama regional lainnya, saling pengertian dan perdamaian dalam politik dan hubungan internasional.

Diplomasi merupakan hubungan dua hala yang dijalinkan oleh sekurang-kurangnya dua pihak untuk bertukar-tukar kepentingan/kebaikan secara bersama- sama ada kebaikan itu datang dari sudut agama, politik, ekonomi, sosial dan sebagainya.dari organisasi asean tersebut mempunyai criteria – criteria untuk negara lain yang inggin menjadi anggota asean.

 

 

  1. C.    Maksud Dan Tujuan

 

  1. Permudah kerja sama

             Adanya Piagam ASEAN secara organisatoris akan membuat negara anggota ASEAN relatif akan lebih terikat kepada berbagai kesepakatan yang telah dibuat ASEAN. Secara teoretis, piagam itu akan semakin mempermudah kerja sama yang dibuat ASEAN dengan mitra-mitra dialognya. Jika pada masa lalu mitra ASEAN terkadang mengeluh bahwa kesepakatan yang telah dibuat dengan  ASEAN ternyata hanya dilaksanakan dan dipatuhi oleh beberapa negara anggota ASEAN, kini            kekhawatiran   itu bias a  dikurangi. Mekanisme kerja yang lebih jelas di ASEAN seperti tertuang dalam Piagam ASEAN itu juga akan mempermudah mitra-mitra atau calon-calon mitra yang ingin berurusan dengan ASEAN. Begitu pula bila di kemudian hari terjadi persengketaan, Piagam ASEAN telah membuat pengaturan umum untuk penyelesaian sengketa itu.Lebih penting lagi secara politis, ASEAN kini menegaskan dirinya sebagai organisasi yang menghormati serta bertekad untuk menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dan nilai-nilai demokrasi.

            Piagam meminta          ASEAN  menghargai  HAM. Meski saat ini pelaksanaan kedua hal itu masih jauh dari ideal, setidaknya ASEAN sudah mengakui bahwa penghormatan atas HAM dan demokrasi sebagai nilai-nilai dasar, sama seperti umumnya negara maju. Dengan demikian, hambatan psikologis untuk bekerja sama dengan negara-negara ASEAN seperti sering terdengar selama ini dari beberapa negara maju, setidaknya sudah bisa dikurangi meski hambatan belum sepenuhnya bisa dihapuskan.

  1. Tantangan internal

            Keberhasilan ASEAN melahirkan sebuah piagam bersama tidak otomatis bermakna ASEAN yang semakin solid. Tantangan terbesar justru berada di lingkungan internal ASEAN sendiri, khususnya bagaimana agar benar-benar bisa mengimplementasikan piagam itu sehingga ASEAN menjadi kekuatan yang menyatu dan tidak terpecah belah.Bagaimanapun, kehadiran Piagam ASEAN, yang di dalamnya mengharuskan para anggota mematuhi apa-apa yang sudah diputuskan bersama oleh ASEAN, akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi beberapa pihak. Mereka ini sebenarnya menaruh keberatan atas keputusan bersama itu. Meski demikian, Piagam ASEAN memang telah didesain sedemikian rupa sehingga tidak terlalu keras terhadap para anggotanya yang belum bisa menaati kesepakatan-kesepakatan yang telah dibuat. Celah-celah untuk kompromi yang sering kali diistilahkan banyak kalangan sebagai cara ASEAN (the ASEAN way) masih banyak diakomodasi di dalam piagam tersebut. Di bidang ekonomi, misalnya, Piagam ASEAN menjamin hak negara-negara anggota untuk berpartisipasi secara fleksibel dalam pelaksanaan komitmen-komitmen ekonomi di ASEAN. Begitu pula dalam pelaksanaan prinsip-prinsip “politik” ASEAN, seperti khususnya demokrasi dan penghormatan dan jaminan atas hak-hak asasi manusia, asas yang fleksibel tetap dipertahankan.

            Satu hal penting dalam Piagam ASEAN yang memang sudah selayaknya dilakukan adalah menjadikan organisasi ini sebagai organisasi yang berorientasi pada rakyat atau bukan organisasi birokrat semata. Dengan demikian, dibuka bahkan didorong kesempatan lebih besar kepada warga masyarakat ASEAN untuk berinteraksi satu sama lain dengan lebih intens.
Pergaulan rakyat ASEAN di kawasan regional dan internasional itu tentu akan berkontribusi positif kepada kerja sama ASEAN dengan mitra-mitranya di seluruh kawasan.

3.Langkah Paling        maju
            Ada tiga rencana ASEAN yang dituliskan di piagam itu. Tiga hal itu adalah menginginkan lahirnya Komunitas Ekonomi ASEAN, Komunitas Keamanan ASEAN, dan Komunitas Sosial Budaya      ASEAN.Jangan skeptis dulu dengan rencana pembentukan komunitas itu. Atau jangan melihat realitas sekarang jika ingin menilai prospek pembentukan tiga jenis komunitas itu. ASEAN bisa saja tidak terlihat berwibawa, melihat realitas sekarang, dengan mayoritas anggotanya punya masalah tersendiri yang tergolong berat. Beberapa di antaranya bahkan masih tergolongdalam Negara negara           . Sesungguhnya, rencana pembentukan komunitas itu merupakan refleksi dari tajamnya visi para pemikir ASEAN. Piagam itu disusun para pakar atau figur terkenal di ASEAN. Wakil dari Indonesia adalah mantan Menteri Luar Negeri          Ali       Alatas.

 

  1. Perumusan Masalah

          Dalam penulisan ini, penulis memilih beberapa masalah yang mana harus mengerti. Karena dari beberapa masalah inilah yang dapat membuatkan hasil yang semaksimalnya,serta hasil-hasil tersebut merupakan suatu penambahan wawasan serta pembukaan wawasan pikir. Masalah- masalah tersebut yakni:

  • Bagaimana proses masuknya timor leste menjadi anggota asean
  • Bagai mana partisipasi negara timor leste dalam hubungan diplomatic
  • Bagaimana keuntungan bagi negara timor leste yang menjadi anggota asean
  • Bagaimana hubungan bilateral ,trilateral dan multilateral dalam menjaling hubungan diplomatik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. A.   pembahasan Masalah

            Sejak restorasi kemerdekaan Timor-Leste pada Mei 2002, ASEAN telah banyak membantu Timor-Leste. Timor-Leste telah diundang untuk hadir dalam beberapa pertemuan ASEAN. Meskipun begitu, Timor-Leste masih tetap berstatus observer. Mantan Menlu Timor Leste yang sekarang menjadi Presiden, Ramos Horta, pernah menyatakan tidak berminat menjadi anggota ASEAN, karena Timor-Leste dinilai bukan negara Asia (Tenggara), melainkan negara Pasifik atau Australia. Berbeda dengan rekannya Xanana Gusmao yang menyatakan bahwa akan lebih menguntungkan bagi Timor Leste apabila berafiliasi dengan ASEAN dibandingkan dengan apabila bergabung dengan Pacific Islands Forum.

Di lihat dari hubungan kerja sama antara negara timor leste dengan negara lain maka timor leste juga dapat mempersiapkan diri intuk menjadi anggota ASEAN karena harus mengisi criteria – criteria yang ada seperti: wilayah,keamanan,masyarakat dan lain – lain.oleh karena itu hubungan diplomatic terhadap negara timor leste sedang berjalang dengan baik karena dapat didukung oleh negara lain seperti Indonesia karena hubungan kerja sama saling ketergantungan terhadap satu sama lain. Salah satu kriteria untuk keanggotaan adalah bahwa calon anggota harus setuju untuk menerima atau menjadi bagian dari semua traktat, perjanjian, dan kesepakatan di ASEAN, dimulai dengan semua yang diuraikan dalam Deklarasi Bangkok dari 8 Agustus 1967 dan yang dijabarkan dan dikembangkan dalam berbagai traktat, perjanjian, dan kesepakatan ASEAN. Salah satu keprihatinan bersama yang harus diatasi melalui negosiasi adalah kemampuan calon anggota untuk berpartisipasi dalam ASEAN Free Trade Area dan semua pengaturan kerjasama ekonomi lainnya. Salah satu cara orientasi penting untuk calon anggota adalah kehadirannya pada pertemuan ASEAN dan partisipasi dalam proyek-proyek kerjasama.

            Deklarasi Bangkok tidak menetapkan syarat apapun untuk keanggotaan selain lokasi negara itu di Asia Tenggara dan prinsip-prinsip yang biasa dalam hubungan antarnegara. ASEAN memiliki kriteria keanggotaan tidak berkaitan dengan karakter pemerintah, sistem ideologi dan orientasi, kebijakan ekonomi, atau tingkat pembangunan. Jika ada kriteria untuk keanggotaan, sebuah asosiasi regional tidak akan mungkin di Asia Tenggara, mengingat keragamannya.[5] Untuk dapat diterima sebagai negara anggota ASEAN, negara harus menjaga kedutaan di semua negara anggota saat ini blok tersebut.

Untuk menjalin hubungan diplomatic timor leste juga berusaha untuk bekerja keras untuk membicarakan persoalan dan masalah – masalah yang terjadi di timor leste.oleh karena itu, keuntugan bagi negara timor leste seoerti timor leste dapat membicarakan tentang masalah – masalah seperti ekonomi,budaya ,kesehatan dan lain – lain untuk saling membantu dari negara lain tersebut.

Timor leste adalah negara yang baru merdeka hubungan bilateral,trilateral dan multilateral yng ada seperti kerjasama timor leste dengan Indonesia dan negara lainnya.

  1. B.   Landasan Teori

“Organisasi” sebenarnya berasal dari bhs Yunani, “organon” atau dalam bhs Latin, disebut “organum” yang artinya “alat, bagian, atau anggota badan”. Selanjutnya seiring berjalannya waktu, terjadilah perkembangan dalam pengertiannya. Dengan kata lain, (semakin banyak orang yang mengartikannya maka semakin banyak definisi dan semakin luas pula kata itu diartikan) Tapi dari sekian banyak definisi “organisasi”. Organisasi jga bisa dikatakan sekumpulan, individu, kelompok yang mempunyai tujuan, visi & misi tertentu untuk menampung / menyalurkan pikiran atau pendapat yang tidak sama (dengan kata lain berbeda).

 Berikut ini beberapa pengertian organisasi menurut para ahli :

1. Organisasi menurut Stoner : Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

2. Organisasi menurut James  D. Mooney: Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. organisasi menurut Cyrill Soffer adalah perserikatan orang-orang yang masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas dibagikan diantara pemegang peranan dan kemudian digabung dalam beberapa bentuk hasil

4. organisasi menurut Kast & Rosenzweig, mendefinisikan organisasi kedalam beberapa point yaitu :

  1. Suatu subsistem dari lingkungan yang lebih luas
  2. Terdiri dari orang-orang yang berorientasi kepada tujuan
  3. Suatu subsistem teknik yaitu orang2 yang menggunakan pengetahuan, teknik, peralatan dan fasilitas
  4. Suatu subsistem struktural yaitu orang-orang yang bekerja bersama dalam berbagai kegiatan yang terpadu
  5. Suatu sistem psikososial yaitu orang-orang yang terlibat dalam hubungan sosial
  6. Suatu subsistem manajerial yang merencanakan dan mengendalikan semua usaha

5. Organisasi Menurut Chester I. Bernard : Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
Organisasi adalah suatu wadah atau pun tempat dimana orang-orang dapat bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Tanpa adanya organisasi kita akan menjadi kesulitan untuk melaksanakan suatu kerja sama, karena setiap orang tidak akan mengetahui bagaimana cara bekerja sama dalam sebuah organisasi tersebut.

 

 

 

 

 

 

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

  1. Kesimpulan

            Dari beberapa uraian di atas penulis dapat simpulkan bahwa ASEAN (Association Of South East Asia Nations) merupakan organisasi internasional yang perhimpunan bangsa – bangsa  asia tengara  yang dapat membicarakan tentang kepentingan dan masalah – masalah  dalam suatu negara tersebut maka  Asean didirikan pada tanggal 8 agustus 1967 yang mendirikan asosiasi melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok  oleh lima negara sepeti: indonesia,malaysia,Thailand,filipina dan singapura dan dapat prakarsai oleh 5 menteri luar negeri dari wilayah Asia Tenggara seperti: perwakilan Indonesia: adam malik,perwakilan Malaysia:tun abdul razak Perwakilan Thailand : Thanat Koman Perwakilan Filipina : Narcisco Ramos dan Perwakilan Singapura : S. RajaratnamdanSejak restorasi kemerdekaan Timor-Leste pada Mei 2002, ASEAN telah banyak membantu Timor-Leste. Timor-Leste telah diundang untuk hadir dalam beberapa pertemuan ASEAN. Meskipun begitu, Timor-Leste masih tetap berstatus observer

 

  1. B.   Saran

            Dari beberapa isi dari pada latar belakang pembahasaan serta kesimpulan diatas maka penulis tak lupa sangat menanti saran dan kritik dari para saudara pembaca guna memperbaiki isi tulisan tugas ini dalam bentuk sistematis, karena penulis mengangap bahwa isi dari pada tugas ini sangat jauh dari penyempurnaan sehingga perlu adanya perbaikan serta kritikan yang bersifat konstruktive agar dapat menambah wawasan karya tulis yang baik di hari yang akan datang.

 

 

 

Referensi :

  1. ^ Timor Leste Resmi Ajukan Diri Jadi Anggota ASEAN, detikNews, diakses tanggal 17 Maret 2011.
  2. (Inggris) Entri Southeast Asia di Microsoft® Encarta® Online Encyclopedia 2005, diakses 11 November 2005.
  3. ^ “Aseanweb – Asean Motto”. Asean.org. Diakses pada 8 Agustus 2011.
  4. ^ Kavi Chongkittavorn (16). “New chair Cambodia can reset Asean power”. The Nation. Diakses pada 25 Maret 2012.
  5. ^ “IMF DataMapper”. Imf.org. 4 Desember 1999. Diakses pada 8 Agustus 2011.
  6. ^ “Empat Anggota ASEAN Ratifikasi Piagam”, Antara, 20 Februari 2008
  7. ^http://internasional.kompas.com/read/2011/05/08/18560276/Akhir.Tahun.Nasib.Timor.Leste.di.ASEAN
  8. ^ http://www.tempo.co/read/news/2011/11/16/118366931/ASEAN-Bentuk-Kelompok-Kerja-Bahas-Timor-Leste

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: